Author Topic: Istilah Unlimited Space dan Unlimited Bandwidth  (Read 3222 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline 1nf0rm4t1c5

  • Administrator
  • *
  • Posts: 1150
  • Reputasi: 15
  • Informatics Developer
    • Forum Informatika
  • Lokasi: Indonesia
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
Istilah Unlimited Space dan Unlimited Bandwidth
« on: 13 March 2008, 10:48:55 »
Dalam dunia hosting kini sering terdengar beberapa penyedia layanan hosting yang menawarkan unlimited space dan unlimited bandwidth. Apakah Anda pernah mendengar atau melihat layanan seperti itu? Kalau Anda suka eksplorasi situs2 penyedia layanan hosting, maka Anda akan menemukan bbrp di antaranya. Dua hal ini adalah salah satu trik dalam pemasaran perusahaan2 hosting tersebut terhadap para pengunjung situs.

Kalau kita pikir2, tidak ada di dunia ini yang tidak terbatas, semua ada batasnya, termasuk space (kapasitas disk) dan bandwidth.

Istilah Unlimited

Setiap perusahaan penyedia layanan hosting mempunyai kontrak dengan ISP yang menyediakan koneksi internet untuknya. ISP menarik ongkos atau biaya pada perusahaan hosting tersebut berdasarkan bandwidth yang dihabiskan. Semakin tinggi bandwidth, berarti biayanya juga semakin tinggi.

Dalam hal ini, ISP hanya menawarkan suatu paket dengan unlimited access (akses tak terbatas) saja, bukan unlimited bandwidth. Lalu, bagaimana para perusahaan hosting tersebut bisa memberikan layanan paket hosting pada konsumen (pelanggan) dengan unlimited bandwidth sementara mereka mempunyai bandwidth terbatas dari ISP mereka?

Bagaimana jika perusahaan2 hosting yang memberikan paket hosting dengan unlimited space dan unlimited bandwidth itu memang benar2 ada?

Jika Anda memang benar2 ingin tahu mengenai hal ini, maka Anda sendiri bisa membuktikannya.
Setelah Anda punya akun terdaftar di situs penyedia hosting tersebut, silakan Anda upload di server hosting Anda file2 yang sekiranya berukuran besar, semacam distro Linux yang bersifat gratis, atau mungkin film2 Anda yang tentu saja harus bersifat legal, sehingga Anda nantinya tidak dianggap melanggar ToS (Term of Services) perusahaan hosting tersebut.

Sedangkan untuk membuktikan layanan unlimited bandwidth, Anda bisa saja meminta teman2 atau kenalan2 Anda untuk men-download file2 yang sudah Anda simpan di server hosting tersebut. Tentu saja hal itu akan memakan bandwidth yang sangat banyak sekali.

Setelah itu, akan dengan segera perusahaan hosting Anda akan membatalkan / membekukan akun Anda atau mungkin meminta Anda agar memiliki server pribadi (disebut juga dedicated server) dikarenakan situs Anda telah menghabiskan banyak sumber daya dari server mereka.

Lalu sekarang bagaimana? Padahal Anda tidak melanggar ToS mereka. Anda hanya ingin memanfaatkan fasilitas (layanan) unlimited space dan unlimited bandwidth sebagaimana yang mereka tawarkan di paket hosting tersebut, namun ternyata Anda tidak bisa menggunakannya.

Lalu istilah unlimited space dan unlimited bandwidth itu sebenarnya seperti apa kalau pada kondisi sebenarnya, ternyata mempunyai batas (limit)?

Setelah Anda membaca tulisan ini, diharapkan Anda dapat memilih perusahaan hosting lebih bijaksana, sesuaikan berdasarkan kebutuhan Anda, baik itu dari segi disk space (kapasitas disk), maupun bandwidth bulanan. Dan jangan sampai Anda tertipu dengan istilah unlimited space dan unlimited bandwidth.

Good luck!

Forum Informatika

Istilah Unlimited Space dan Unlimited Bandwidth
« on: 13 March 2008, 10:48:55 »
Sponsored Links: