Author Topic: 16 Sektor Usaha Baru Dapat Tax Allowance, 3 Dicoret  (Read 1563 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline kenzie25

  • Bibit IF
  • *
  • Posts: 25
  • Reputasi: 0
    • mobil truk box dan tambang
  • Lokasi: Cikarang
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
16 Sektor Usaha Baru Dapat Tax Allowance, 3 Dicoret
« on: 10 July 2015, 15:18:31 »
Jakarta, CNN Indonesia -- Sedikitnya 16 sektor usaha baru masuk dalam daftar penerima insentif keringanan pajak penghasilan atau tax allowance. Sementara itu, tiga sektor usaha di bidang pengolahan sampah dan konstruksi pengolahan air minum dicoret dari daftar penerima fasilitas.

Hal itu tertuang dalam lampiran Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2015 tentang Fasilitas Pajak Penghasilan untuk Penanaman Modal di Bidang-Bidang Tertentu dan/atau di Daerah-Daerah Tertentu, yang salinannya diterima CNN Indonesia, Rabu (22/4). Secara keseluruhan terdapat 66 sektor usaha yang bakal mendapat fasilitas keringanan pajak penghasilan (PPh), bertambah 14 sektor dari sebelumnya hanya 52 sektor usaha.

Di bidang pertambangan, terdapat dua sektor usaha tambahan penerima fasilitas yakni pertambangan bijih tembaga, serta pertambangan emas dan perak. Sementara untuk bidang usaha tekstil, jumlah sektor usaha penerima fasilitas bertambah dari sebelumnya satu menjadi lima sektor.

Penambahan juga terjadi pada bidang industri kendaraan bermotor, dengan dimasukkannya industri kendaraan roda empat dan industri karoseri ke dalam daftar penerima keringnan pajak PPh.

Begitu pula di bidang industri komputer, elektronik, dan optik, sektor usaha penerima tax allowance bertambah tiga menjadi empat sektor usaha.

Bidang usaha lainnya yang bertambah sektor usahanya adalah industri bahan kimia dan barang dari kimia dari 10 sektor menjadi 11 sektor, industri logam dasar dari satu menjadi dua sektor, serta industri kapal dan perahu dari satu menjadi tiga sektor.

Dalam beleid tersebut juga masuk bidang usaha baru, yakni bisnis pergudangan dan jasa penunjang angkutan. Sektor usaha yang masuk dalam bisang usaha ini adalah  bisnis kargo atau bongkar muat.

Sementara itu, terdapat tiga sektor usaha yang dicoret dari daftar penerima. Ketiga bidang usaha tersebut adalah bisnis pengumpulan sampah, pengelolaan dan pembuangan sampah, serta konstruksi pengelolaan air minum.

Berikut 16 sektor usaha baru penerima tax allowance:

Pertambangan bijih tembaga*
Pertambangan emas dan perak*
Industri pemintalan benang (spinning)*
Industri pertenunan*
Industri penyempurnaan kain*
Industri pencetakan kain*
Industri kain rajutan*
Industri kimia dasar anorganik khlor dan alkali*
Industri komputer dan/atau perakitan komputer*
Industri peralatan komunikasi tanpa kabel (wireless)*
Industri peralatan komunikasi lainnya*
Industri mesin pertanian*
Industri kendaraan bermotor roda empat atau lebih*
Industri karoseri kendaraan bermotor roda empat atau lebih dan industri trailer dan semi trailer*
Industri Peralatan, Perlengkapan dan Bagian Kapal*
Kegiatan pemrograman komputer*

sumber

Forum Informatika

16 Sektor Usaha Baru Dapat Tax Allowance, 3 Dicoret
« on: 10 July 2015, 15:18:31 »
Sponsored Links:


Offline kairav22

  • Newbie
  • *
  • Posts: 9
  • Reputasi: 0
    • harga mobil bekas
  • Lokasi: Jakarta
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
Re: 16 Sektor Usaha Baru Dapat Tax Allowance, 3 Dicoret
« Reply #1 on: 12 August 2015, 11:32:02 »
industri otomotif terutama mobil keluarga gitu dapet tax allowance juga nggak ya?

Offline masdeal

  • Newbie
  • *
  • Posts: 5
  • Reputasi: 0
    • Software Accounting
  • Lokasi: Jakarta
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
Re: 16 Sektor Usaha Baru Dapat Tax Allowance, 3 Dicoret
« Reply #2 on: 12 August 2015, 13:24:52 »
kok pengolahan sampah dicoret? Ini sektor usaha yang paling bagus kalau ane bilang. Soalnya mengolah sampah kita untuk dapat digunakan kembali, misal jadi bahan bakar atau apalah. Harusnya jangan dicoret atuh. Gimana ini pemerintah kita hmm

Offline rafa04

  • Numpang Lewat
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
    • AVR Generator
  • Lokasi: Jakarta
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
Re: 16 Sektor Usaha Baru Dapat Tax Allowance, 3 Dicoret
« Reply #3 on: 18 August 2015, 15:24:33 »
Ada yang bisa menjelaskan kenapa Pertambangan emas dan perak masuk kedalam tax allowance? Sedangkan bidang pengolahan sampah dan konstruksi pengolahan air minum dicoret dari Tax allowance? Apa ada main-main?

Offline fgroupindonesia

  • Bibit IF
  • *
  • Posts: 36
  • Reputasi: 0
Re: 16 Sektor Usaha Baru Dapat Tax Allowance, 3 Dicoret
« Reply #4 on: 02 September 2015, 08:47:34 »
kayaknya sih yg dicoret itu yang orang susah aja.... bagian sampah kategori orang susah lho mnurut negara susah kyk kita ini... :(

Offline keenan36

  • Numpang Lewat
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
    • distributor pemanas air
  • Lokasi: jakarta
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
Re: 16 Sektor Usaha Baru Dapat Tax Allowance, 3 Dicoret
« Reply #5 on: 25 January 2016, 15:17:28 »
makin kere ga nih negara kita kalo ada yang kena coret tax gitu?

Offline tekwan900

  • Newbie
  • *
  • Posts: 3
  • Reputasi: 0
    • Asuransi pendidikan terbaik
  • Lokasi: Jakarta
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
Re: 16 Sektor Usaha Baru Dapat Tax Allowance, 3 Dicoret
« Reply #6 on: 02 February 2016, 13:59:16 »
lah, alasannya gak logis bnget dah. padahal kan mereka bisa nambahin uang kas negara? penambahannya gak kecil lho, bisa terbilang besar. hmmm.. tanda tanya besar nih.

Offline indocom

  • Newbie
  • *
  • Posts: 8
  • Reputasi: 0
  • Indocommco penyedia Office Equipment
    • PABX Panasonic
  • Lokasi: DKI Jakarta, Indonesia
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
Re: 16 Sektor Usaha Baru Dapat Tax Allowance, 3 Dicoret
« Reply #7 on: 04 May 2016, 16:27:19 »
Industri-industri besar kayak gitu kenapa di hapus ya? Sayang banget padahal itu kan bisa jadi salah satu pemasukan negara juga. Industri yang alat komunikasi jg bagus padahal perjualannya di Indonesia