Author Topic: Instalasi software database MySQL  (Read 18735 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline 1nf0rm4t1c5

  • Administrator
  • *
  • Posts: 1150
  • Reputasi: 15
  • Informatics Developer
    • Forum Informatika
  • Lokasi: Indonesia
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
Instalasi software database MySQL
« on: 02 January 2008, 09:50:12 »
LANGKAH2 MENGINSTAL DAN KONFIGURASI MYSQL SERVER

Perangkat2 uji coba:

1. OS: Windows XP SP2
2. MySQL: 5.1.16 Beta

Silakan download mysql terbaru di:

Code: [Select]
http://dev.mysql.com/downloads/mirrors.html
MENJALANKAN PROGRAM INSTALASI

Berikut ini langkah-langkah instalasi:
1.   Log In di Windows dengan akun yang mempunyai hak administratif.
2.   Buka Windows Explorer, dan cari file setup MySQL atau file zip. Dalam hal ini file mysql-essential-5.1.16-beta-win32.msi.
3.   Jalankan file setup tersebut. Setelah itu akan muncul gambar Setup Wizard di bawah ini:


Gambar 1

4.   Klik Next. Akan muncul layar Setup Type (pada gambar 2 berikut) dan menyajikan pada Anda pilihan yang menggambarkan tipe-tipe setup yang dapat Anda lakukan.


Gambar 2

Untuk kebanyakan kasus, Anda sebaiknya memilih instalasi Typical. Dalam tipe ini akan menyuguhkan pada anda dengan semua fungsionalitas yang Anda perlukan saat ini. Setelah anda menjadi lebih familiar dengan MySQL, atau jika Anda ingin mengetahui apa yang sebenarnya di-instal, pilih Custom dan pilih komponen-komponen yang akan di-instal. Dalam hal ini kita akan menggunakan yang tipe setup Typical.

5.   Klik Next. Akan muncul layar tampilan Ready to Install the Program (pada gambar 3 berikut) dan menyajikan pada Anda detil instalasi.


Gambar 3

Pastikan Anda melihat informasi yang terdapat pada layar. Jika Anda ingin merubah setting, klik tombol Back untuk kembali ke layar yang sesuai.

6.   Klik Install untuk memulai instalasi. Akan muncul layar Installing MySQL Server dan menyajikan pada Anda dengan progress instalasi yang terjadi, sebagaimana terlihat pada gambar 4.


Gambar 4

Setelah bagian utama dari proses instalasi selesai, akan muncul layar MySQL.com Sign-Up (pada gambar 5), menyajikan pada Anda pilihan untuk membuat akun di MySQL.com jika Anda ada koneksi ke internet.


Gambar 5

Untuk sekarang, lewati saja pembuatan akunnya dan lanjutkan dengan instalasi; bagaimanapun, Anda dapat membuat akun kapan saja.

7.   Pilih opsi Skip Sign-Up, dan klik Next. Layar Wizard Completed akan muncul sebagaimana nampak pada gambar 6.


Gambar 6

Dalam layar Wizard Completed juga terdapat pilihan Configure the MySQL Server now. Pilihan ini terpilih secara default. Sehingga, setelah anda menutup Setup Wizard, secara otomatis akan memanggil MySQL Server Instance Configuration Wizard, mengijinkan anda untuk mengatur inisial konfigurasi MySQL pada sistem.

8.   Pastikan bahwa pilihan Configure the MySQL Server now terpilih, dan klik Finish.

Instalasi MySQL sekarang sudah lengkap, dan layar pertama dari MySQL Server Instance Configuration akan muncul.
« Last Edit: 08 January 2008, 16:34:10 by 1nf0rm4t1c5 »

Forum Informatika

Instalasi software database MySQL
« on: 02 January 2008, 09:50:12 »
Sponsored Links:


Offline 1nf0rm4t1c5

  • Administrator
  • *
  • Posts: 1150
  • Reputasi: 15
  • Informatics Developer
    • Forum Informatika
  • Lokasi: Indonesia
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
MySQL Configuration
« Reply #1 on: 02 January 2008, 10:14:37 »
MENGKONFIGURASI MYSQL SERVER

Setelah Anda menyelesaikan tahapan instalasi MySQL, Anda dapat menjalankan MySQL Server Instance Configuration Wizard untuk men-setting sistem. Panduan ini mengijinkan Anda untuk menspesifikasikan tipe konfigurasi, instal MySQL sebagai service, dan mengatur inisial security setting (keamanan). Jika Anda memilih pilihan Configure the MySQL Server now pada layar terakhir dari MySQL Setup Wizard, MySQL Server Instance Configuration Wizard secara otomatis dipanggil. Anda juga dapat memanggil panduannya dari Start Menu Windows (sebagai bagian dari grup program MySQL).

Setelah Anda memanggil MySQL Server Instance Configuration Wizard, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengatur MySQL Server:
1.   Layar MySQL Server Instance Configuration Wizard yang Anda panggil akan nampak seperti gambar 7 di bawah ini.


Gambar 7

2.   Klik Next. Layar berikutnya akan menyajikan pada Anda panduan untuk memilih tipe konfigurasi.

MySQL Server Instance Configuration Wizard mengijinkan Anda untuk memilih pilihan Detailed Configuration atau pilihan Standard Configuration. Pilihan Detailed Configuration mengajak Anda untuk menuju proses identifikasi konfigurasi setting yang spesifik dengan lingkungan Anda. Misal, Anda dapat menspesifikasikan apakah Anda bekerja pada komputer developer, server, atau dedicated. Anda juga dapat menspesifikasikan setting konfigurasi sebagaimana tipe-tipe utama dari database yang ditunjang, jumlah pengguna secara konkuren, dan setting port.
Jika Anda memilih opsi Standard Configuration, MySQL Server akan di-set dengan konfigurasi untuk tujuan umum. Untuk saat ini coba Anda pilih yang Detailed.


Gambar 8

3.   Pastikan pilihan Detailed Configuration terpilih, lalu klik Next. Layar panduan berikut yang muncul akan nampak (lihat gambar 9).


Gambar 9

4.   Pilih yang Developer Machine (bisa Anda ganti kapan saja)


Gambar 10

5.   Pilih Multifunctional Database


Gambar 11

6. Klik Next saja.


Gambar 12

7.   Dalam gambar 12 di atas kita akan mengkonfigurasi alamat atau nomor port mana yang akan digunakan untuk koneksi MySQL server.
Secara default, setiap MySQL akan memilih port 3306. Terutama saat menginstal MySQL yang sudah terintegrasi dengan aplikasi lain seperti kombinasi dengan Apache dan PHP, contoh: WAMP, XAMPP, PHPTriad, dll.

Jika Anda sebelumnya pernah menginstal MySQL atau paket terintegrasi lainnya, untuk menghindari adanya bentrok alamat port, sekarang kita pilih port 3309.


Gambar 13

8.   Klik Next. Pilih Standard Character Set.


Gambar 14

9.   Pada layar yang terlihat pada gambar 14 di atas terdapat pilihan yang mengijinkan Anda untuk mengatur MySQL sebagai service. Jika Anda bekerja pada Windows NT/2000/XP/Sever 2003, Anda dapat menjalankan MySQL sebagai service, dimana hal ini memang direkomendasikan untuk digunakan. Secara default, pilihan Install as Windows Service terpilih, MySQL dipilih dalam daftar drop-down untuk Service Name, dan pilihan Launch the MySQL Server automatically juga terpilih.
Selain itu, pada MySQL versi 5 ini juga disediakan layanan pilihan Include Bin Directory in Windows PATH. Secara default pilihan ini tidak terpilih. Jika Anda memilihnya maka setiap aplikasi yang ada di direktori Bin (MySQL) dapat dipanggil dari direktori manapun pada struktur direktori Windows, misal dari command line atau Run.
Contoh di DOS: d:> mysql -u root -p

Untuk saat ini nama servisnya pilih MySQL51, disesuaikan dengan versi mysql yang kita install dan menghindari bentrokan nama yang kemungkinan pernah dipakai dalam sistem.

10.   Klik Next. Layar berikut yang muncul adalah seperti nampak pada gambar 15, mengijinkan Anda untuk memodifikasi inisial security settings.


Gambar 15

Dalam layar ini, Anda dapat memodifikasi inisial security settings dengan memasukkan password ke akun pengguna root, akun pengguna administratif utama/primer secara otomatis dibuat di MySQL. Jika Anda memilih opsi Modify Security Settings, Anda juga dapat memilih opsi Enable root access from remote machines. Namun untuk keamanan sebaiknya Anda tidak memilihnya. Sehingga akun Root hanya bisa diakses dalam localhost saja.
Anda juga dapat memilih opsi Create An Anonymous Account, dimana mengijinkan Anda untuk membuat akun anonymous (tidak dikenal atau akun sembarang) pada MySQL server.

11.   Pastikan Anda memilih opsi Modify Security Settings, dan masukkan password root yang baru di textbox New root password dan di textbox Confirm. Dan saat ini Anda tidak perlu memilih Create An Anonymous Account. Selanjutnya klik Next. Layar berikutnya yang akan muncul nampak seperti pada gambar 16 (sudah dieksekusi).

Pada gambar yang muncul pilih Execute. Kalau konfigurasi berhasil, akan muncul layar seperti nampak pada gambar berikut:


Gambar 16

12.   Sebagaimana Anda lihat, pada layar menunjukkan bahwa file konfigurasi telah dibuat, MySQL telah di-instal sebagai service, dan service telah dimulai, juga security settings telah diterapkan.

13.   Klik Finish. Panduan konfigurasi akan tertutup, dan MySQL siap untuk digunakan.
« Last Edit: 02 January 2008, 10:17:51 by 1nf0rm4t1c5 »

Offline 1nf0rm4t1c5

  • Administrator
  • *
  • Posts: 1150
  • Reputasi: 15
  • Informatics Developer
    • Forum Informatika
  • Lokasi: Indonesia
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
Menguji hasil instalasi MySQL
« Reply #2 on: 02 January 2008, 10:25:43 »
MENGUJI HASIL INSTALASI

Sekarang setelah Anda meng-instal MySQL dan memulainya, Anda sudah siap untuk menguji hasil instalasi. Prosesnya cukup sederhana yang dimaksudkan untuk memverifikasi bahwa MySQL server sedang berjalan dan dabatase administratif mysql telah dengan benar diinisialisasi.

Untuk memverifikasi bahwa anda telah dengan benar meng-instal MySQL pada lingkungan Windows, Anda dapat membuka jendela Command Prompt dan memasukkan beberapa perintah ke dalamnya.

Buka program MySQL Command Line Client dari start menu program.

Quote
START > Programs > MySQL > MySQL Server 5.1 > MySQL Command Line Client

Langsung masukkan password Anda ketika proses konfigurasi sebelumnya.

________________________________________ _________________________

atau bisa dari DOS CMD secara manual tuliskan:

Quote
CD C:\Program Files\MySQL\MySQL Server 5.1\bin

Yaitu menuju direktori utilitas mysql yang tersimpan di folder bin.

Login ke MySQL Console secara manual:

Code: [Select]
mysql -u root -p
Setelah berhasil login, ketik status.



Fyuh.... akhirnya selesai juga... entar ada tutorial lain berkaitan dengan MySQL.  :educated:
« Last Edit: 15 July 2009, 12:57:05 by 1nf0rm4t1c5 »

Offline adiputra

  • Newbie
  • *
  • Posts: 17
  • Reputasi: 0
Re: Instalasi software database MySQL
« Reply #3 on: 03 November 2009, 19:06:33 »
yg gambar 16..

klo error ke-3 ato ke-4 tu gemana cara benerinnya..

Pa Galih pernah jelasin,,tapi lupa euy,,,

bisa diterangin lagi g Pa..

haturnuhun...

Offline aresdinasty

  • Newbie
  • *
  • Posts: 6
  • Reputasi: 0
  • Lokasi: malang
  • Jenis Kelamin: Laki-laki
Re: Instalasi software database MySQL
« Reply #4 on: 28 February 2010, 19:43:07 »
yg gambar 16..

klo error ke-3 ato ke-4 tu gemana cara benerinnya..

Pa Galih pernah jelasin,,tapi lupa euy,,,

bisa diterangin lagi g Pa..

haturnuhun...

pengalaman dari ares
1. coba uninstall mysqlnya
2. buang folder mysql yang ada dalam c:\program files\mysql
3. restart
4. install kembali mysqlnya
5. jika masih belum bisa coba yg bawah saya bisa melanjutkan